Pengertian, kebaikan dan keburukan pasar oligopoli

Dalam dunia bisnis dan ekonomi, akan selalu ditemukan persaingan antar beberapa perusahaan atau produsen dengan modal besar yang mendominasi pasar produk tertentu untuk menjual produk masing-masing dan menarik minat konsumen sebanyak-banyaknya. Sebagai contoh persaingan dalam pasar mobil. Perusahaan-perusahaan ini saling bertarung menarik minat konsumen untuk membeli produknya, dan masing-masing produk mobil memilki keunggulan dan kekurangan sehingga tidak ada satupun perusahaan yang benar-benar menguasai pasar. Jenis pasar inilah yang disebut dengan oligopoli. Secara sederhana, pasar oligopoli adalah pasar yang didalamnya terdapat beberapa penjual namun masing-masing penjual tidak mampu berkuasa atas segala-galanya.

Kebaikan dan keburukan pasar oligopoli

Ciri-ciri pasar oligopoli yang utama adalah karena jumlah perusahaan yang bersaing tidak terlalu banyak, maka tiap perusahaan harus waspada terhada setiap kegiatan pemasaran ataupun inovasi yang dilakukan oleh perusahaan pesaing karena dapat mengurangi jumlah konsumne yasng membeli produk mereka. Sehingga keputusan apapun yang diambil oleh suatu perusahaan dapat mempengaruhi perusahaan lain. Oleh karena itu, setiap media periklanan yang dilakukan oleh perusahaan digunakan untuk menarik konsumen perusahaan lain untuk berpindah ke perusahaannya.

Jika suatu perusahaan menurunkan harga produknya, maka perusahaan lain akan mengikuti untuk menciptakan produk dengan harga yang rendah pula agar tidak kehilangan pembeli. Namun jika ada suatu perusahaan yang menaikkan harga produknya, sebisa mungkin perusahaan lain mencegah kenaikan harga produknya sehingga diharapkan terjadi peningkatan jumlah pembeli.

Kebaikan dan keburukan pasar oligopoli

Kebaikan pasar oligopoli bagi konsumen





Konsumen memilki kebebasan memilih produk dari perusahaan yang ia sukai. Sebagai contoh merk mobil Toyota, Honda, Nissan, Hyundai menjual mobil dengan sasaran pembeli skala menengah keatas. Masing-masing mobil memilki karakteristik dan kualitas berbeda-beda dengan harga yang berbeda-beda pula walaupun bentuknya sama-sama mobil. Pada kondisi ini konsumen bebas memilih jenis mobil mana yang diinginkan sesuai kehendak pembeli.
Konsumen diuntungkan oleh persaingan penjual karena penjual akan berlomba-lomba untuk memaksimalkan kepuasan yang dirasakan oleh konsumen jika membeli produk miliknya.

Kebaikan pasar oligopoli bagi produsen atau perusahaan

Selalu tercipta penelitian dan kemajuan baru terkait perkembangan dan inovasi produknya. Sehingga produk yang dihasilkan akan selalu berkembang dan lebih baik dari produk yang dikeluarkan sebelumnya. Hal ini harus selalu dilakukan setiap produsen agar kepercayaan konsumen terjaga. Seiring dengan inovasi baru yang dimunculkan dalam produknya, maka perkembangan teknologi terbaru pun akan diterapkan dalam produk sehingga selalu ada kemajuan dan perbaikan teknologi secara berkesinambungan.

Keburukan pasar oligopoli bagi konsumen

Akibat dari inovasi produk yang berkelanjutan menyebabkan harga produk pun kian meninggi. Hal ini menyebabkan konsumen harus mengeluarkan jumlah uang lebih banyak untuk mendapatkan produk tersebut dan menimbulkan pemborosan.

Keburukan pasar oligopoli bagi produsen

Dapat menciptakan ketidakseimbangan pendapatan antar perusahaan. Bisa terjadi sebuah perusahaan mencetak keuntungan tinggi disaat yang sama perusahaan lain mengalami kerugian. Sulitnya perusahaan baru untuk masuk dalam pasar ini, terutama jika perusahaan tersebut tidak memilki pendanaan yang kuat.

Demikianlah beberapa kebaikan dan keburukan pasar oligopoli serta definisi pasar oligopoli yang dapat dijelaskan dalam artikel ekonomi ini, selanjutnya setelah memahami artikel ini dengan baik maka disarankan membaca tentang konsep pasar barang lainnya khususnya pasar persaingan sempurna, pasar monopoli atau pasar monopolistik. Semoga setelah anda menyimak penjelasan post ini dengan baik anda dapat paham tentang pengertian pasar oligopoli maupun kelebihan dan kekurangannya.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.