Kelemahan dan Kelebihan Pasar Monopoli

Pasar monopoli merupakan salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna dan merupakan kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Terlepas dari pro dan kontra terhadap jenis pasar ini, perlu diketahui bahwa pasar monopoli merupakan jenis pasar yang banyak terdapat di dunia nyata. Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan pasar monopoli.

Kelemahan-kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh pasar monopoli

Kelebihan pasar monopoli dan kelemahannya

1.Perusahaan yang menguasai pasar monopoli akan memperoleh keuntungan besar karena dapat memasang harga tinggi tanpa takut kehilangan pembeli. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut merupakan pemain satu-satunya sehingga menimbulkan ketidak-adilan bagi perusahaan lain yang tidak bisa bersaing di dalamnya. Hal ini juga dapat merugikan bagi konsumen karena konsumen tidak mempunyai banyak pilihan produk dengan harga variatif karena hanya satu perusahaan yang menyediakan produk tersebut.
Sebagai contoh, listrik di Indonesia dikelola oleh PLN. Masyarakat tidak mengetahui apakah Tarif dasar Listrik (TDL) sesungguhnya sesuai dengan harga pasar atau lebih tinggi dari harga pasar karena tidak ada perusahaan pesaing yang menyediakan produk yang sama.

2. Jumlah penawaran suatu produk ditentukan sepenuhnya oleh perusahaan yang bermain di pasar monopoli, sehingga sewaktu-waktu penawaran atas produk tersebut seimbang dengan permintaan pasar, dan bisa saja sewaktu-waktu penawaran juga dapat berkurang di bawah permintaan konsumen sehingga menimbulkan kelangkaan. Contoh seperti ini sering terjadi pada pertamina saat pasokan bahan bakar minyak bersubsidi terganggu, maka terjadi kelangkaan dan pembeli tidak dapat mencari produk yang sama di perusahaan lain. Kelangkaan akibat tingginya permintaan ini akhirnya menyebabkan harga produk yang tersisa di pasaran menjadi meningkat diatas harga pasar saat kondisi normal.




3. Perusahaan monopolis dapat mengeksploitasi sumber daya produksi secara besar-besaran karena mereka sendiri yang memiliki hak untuk menggunakan sumber daya tersebut untuk menghasilkan produk yang dijual. Sebagai contoh Freeport merupakan perusahaan pertambangan emas miliki Amerika Serikat dan terbesar di Indonesia. Seluruh tambang emas yang ada di Papua di eksploitasi secara besar-besaran oleh Freeport tanpa ada gangguan dari perusahaan lain karena sudah mempunyai izin resmi pertambangan dari pemerintah Indonesia.

4.Menghambat pertumbuhan ekonomi. Hal ini disebabkan karena ketiadaan kompetisi antar perusahaan menyebabkan pemilik perusahaan yang bermain di pasar monopoli tidak perlu bersusah payah menurunkan biaya produksi, mengembangkan inovasi atas produknya atau meningkatkan kualitas layanan sehingga pertumbuhan ekonomi tidak berjalan secara maksimal.

Kelebihan pasar monopoli

1.Terjadi kestabilan ekonomi. Pada kondisi tertentu, pemilik perusahaan monopolis dapat menstabilkan ekonomi dengan memonitoring pasar. Seperti yang dilakukan perusahaan De Beer sebagai pelaku utama pasar berlian. Perusahaan ini memonitor pasar berlian dengan cara mencegah penurunan nilai asset konsumen dan membantu kestabilan pembangunan usaha konsumennya.
2.Jika pasar monopoli dikuasai oleh perusahaan negara, maka pemerintah dapat lebih mudah melakukan kontrol terhadap kepentingan masyarakat.

Demikianlah Pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan pasar monopoli sesuai ilmu ekonomi, setelah memahami artikel ini, disarankan kepada anda untuk memahami juga artikel tentang cirir-ciri utama pasar monopoli. Semoga artikel yang telah baca ini dapat memberi manfaat kepada anda khususnya untuk menambah pemahaman anda tentang kelemahan dan kelebihan pasar monopoli.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.