Menganalisis Circulair Flow Diagram 2 Sektor dengan mudah

Selamat datang dalam blog ekonomi-kelasx.blogspot.com.., Dalam artikel kali ini akan di bahas tentang circulair flow diagram 2 sektor. Untuk memahami artikel ekonomi kelas x ini dengan baik maka sebaiknya anda membaca dulu artkel tentang deskripsi dan macam-macam pelaku ekonomi maupun Peran pelaku ekonomi. Setelah anda memahami tentang pelaku ekonomi yang jumlahnya ada 4 yaitu Rumah tangga, pemerintah, produsen dan masyarakat luar negeri maka sekarang anda dapat memahami artikel singkat ini dengan sempurna.

Apa itu circulair flow diagram?  Dalam ilmu ekonomi hubunga antar masing-masing pelaku kegiatan ekonomi digambarkan dalam sebuah diagram arus, diagaram inilah yang disebut circulair flow diagram. Jadi circulair flow diagram diartikan sebagai diagram yang mengambarkan interaksi timbal balik antar pelaku kegiatan ekonomi yang menunjukkan suatu arus melingkar dan membentuk sebuah sistem. Seperti yang kita ketahui bahwa pelaku kegiatan ekonomi pada mulanya hanya berjumlah dua pelaku saja yakni perusahaan dengan rumah tangga, untuk itulah circulair flow diagram untuk mengambarkan hubungan kedua pelaku kegiatan ekonomi tersebut dikenal dengan circulair flow diagram 2 sektor atau  circulair flow diagram model sederhana. Nah untuk gambar dari hubungan dari perusahaan dengan rumah tangga dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

Gambar Circulair Flow Diagram 2 sektor

gambar Circulair flow diagram 2 sektor

Gambar di atas adalah sebuah gambar circulair flow diagram 2 sektor. Adapun keterangan dari gambar di atas adalah sebagai berikut :

Perusahaan atau Rumah tangga produsen memiliki peran untuk menghasilkan barang dan jasa, untuk dapat menjalankan perannya tersebut yaitu membuat barang atau jasa maka perusahaan memerlukan faktor-faktor produksi berupa tanah, berupan bangunan, berbagai bahan baku, tenaga kerja, modal usaha, dan kewirausahaan yang dapat diperolehnya dari pemilik faktor produksi yaitu rumah tangga.  Karena adanya ketergantungan perusahaan terhadap rumah tangga maka kedua pelaku ekonomi tersebut bertemu dalam pasar input atau pasar faktor-faktor produksi. Apabila perusahaan telah memakai atau menggunakan (mengkonsumsi) faktor produksi yang dimiliki rumah tangga maka perusahaan berkewajiban memberikan balas jasa kepada rumah tangga balas jasa tersebut berupa sewa (apabila perusahaan menyewa tanah atau bangunan dari rumah tangga), upah atau gaji (apabila perusahaan telah memakai tenaga yang dimiliki rumah tangga untuk bekerja dalam memproduksi barang atau jasa), bunga (apabila perusahaan telah meminjam uang sebagai modal dari rumah tangga), laba (apabila perusahaan telah memakai skill, pikiran dan keahlian rumah tangga untuk kepentingan perusahaan).




Sebaliknya, Rumah tangga sebagai mahluk hidup (seperti anda juga) harus memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa barang ataupun jasa. Barang dan jasa dapat diperoleh rumah tangga dari perusahaan melalui pasar output atau pasar barang dan jasa. Jadi, untuk memenuhi kebutuhannya, rumah tangga akan mengeluarkan (uang) pendapatan yang dimilikinya untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan memperoleh pendapatan yang diperolehnya dari rumah tangga.

Kesimpulan
Pada dasarnya circulair flow diagram 2 sektor menjelaskan hubungan antara perusahaan dengan rumah tangga dalam kegiatan ekonomi. Perusahaan menghasilkan barang atau jasa sedangkan rumah tangga membutuhkan barang atau jasa untuk bertahan hidup, kondisi ini mengharuskan kedua pelaku ini bertemu dalam pasar barang dan jasa. Sebaliknya perusahaan juga membutuhkan faktor produksi sedangkan faktor produksi dimiliki oleh rumah tangga, adanya kondisi yang saling membutuhkan ini maka perusahaan dan rumah tangga  bertemu dalam pasar faktor produksi. Setelah memahami artikel ini pahami juga tentang artikel circulair flow diagram 3 sektor.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.