Mendekripsikan Peran para Pelaku Ekonomi dengan benar

Peran Para Pelaku Ekonomi - Siapakah yang disebut pelaku ekonomi? Tentunya sekarang pertanyaan ini sudah dapat dijawab oleh anda dengan tepat jika anda telah membaca artikel mengenal pelaku ekonomi dengan benar. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam perekonomian di era globalisasi ini terdapat empat pelaku ekonomi yang utama, mulai dari rumah tangga, produsen, pemerintah dan masyarakat luar negeri. Masing-masing keempat pelaku ekonomi ini mempunyai masing-masing peran yang berbeda dalam melaksanakan kegiatan ekonomi. Apa sajakah peran dari rumah tangga? Apa sajakah peran pemerintah? Dan apa peran perusahaan dan masyarakat luar negeri dalam pelaksaan kegiatan ekonomi? Inilah yang akan dipaparkan dalam artikel ekonomi pada blog ekonomi-kelasx.blogspot.co.id yang ada di depan anda.

Peran Pelaku kegiatan Ekonomi

Peran Rumah Tangga Konsumen pada Kegiatan Ekonomi

Rumah tangga atau istilah lainnya rumah tangga konsumen memiliki dua buah peran dalam melaksanakan kegiatan ekonomi, peran yang pertama adalah Sebagai konsumen barang-barang dan jasa yang dihasilkan rumah tangga produses, sedangkan peran yang kedua yaitu sebagai penyedia berbagai faktor produksi yang dibutuhkan oleh rumah tangga produsen.

Rumah tangga memiliki peran untuk mengkonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan produsen, hal ini dilakukan rumah tangga tentu saja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya agar kelangsungan hidupnya tidak terganggu. Selain sebagai konsumen rumah tangga juga berperan sebagai penyedia faktor produksi untuk produsen atau perusahaan, apa saja faktor produksi yang disediakan rumah tangga? Faktor produksi yang dapat disediakan rumah tangga yaitu tenaga kerja (rumah tangga memberikan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan), tanah (rumah tangga menyediakan tanah yang dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan, misalnya mendirikan pabrik), bahan baku (rumah tangga menyediakan bahan baku yang dibutuhkan produsen untuk memproduksi barang), modal (rumah tangga yang mempunyai modal dapat meminjamkannya pada perusahaan) dan kewirausahaan.

Peran Perusahaan sebagai Pelaku Ekonomi

Dalam kehidupan anda, tentu anda menyadari bahwa terdapat berbagai macam perusahaan atau rumah tangga produksi. Ada yang berbentuk BUMN maupun BUMS, dan adapula koperasi. Entah apapun perusahaannya baik berbentuk perusahaan perorangan, firma, CV, maupun PT semuanya memiliki peran dalam kegiatan ekonomi, lebih detailnya silahkan pahami 4 peran penting perusahaan sebagai pelaku ekonomi dalam menjalankan kegiatan ekonomi berikut ini:
1. Menggunakan faktor produksi yang disediakan rumah tangga konsumen baik faktor tenaga kerja, faktor produksi bahan baku dll.
2. Memproduksi atau menghasilkan barang dan jasa dengan cara mengelola faktor-faktor produksi yang telah diperoleh dari rumah tangga konsumen.
3. Melakukan penjualan barang-barang atau jasa yang dihasilkan kepada yang membutuhkannya yaitu rumah tangga, pemerintah maupun masyarakat luar negeri.
4. Bertanggung jawab memberikan kesejahteraan para karyawan maupun masyarakat sekitar perusahaan.

Peran Pemerintah sebagai Pelaku Ekonomi





Pemerintah sebagai penyelenggara negara memiliki peran untuk melakukan kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah memiliki 3 peran utama yaitu peran sebagai produsen, peran sebagai konsumen, dan peran sebagai pengatur kegiatan ekonomi.

Dalam perannya sebagai produsen bermakna bahwa pemerintah berfungsi atau berperan untuk menghasilkan barang dan jasa, apa saja barang yang diproduksi Pemerintah? Beberpa barang yang diproduksi pemerintah misalnya minyak yang dihasilkan melelui BUMN khususnya Pertamina, listrik dihasilkan melelui PLN, adapun jasa yang dihasilkan pemerintah misalnya jasa pendidikan yang dihasilkan melelui sekolah dan universitas atau perguruan tinggi yang berstatus negeri.

Pemerintah berperan sebagai konsumen, apa yang dikonsumsi pemerintah? dalam menjalankan fungsinya sebagai penyelenggara negera pemerintah membutuhkan barang maupun jasa untuk dikonsumsi. Adapun barang yang dikonsumsi pemerintah antara lain komputer, meja kerja, lemari, kertas, tinta, pensil dan lain-lain yang digunakan untuk keperluan diberbagai kantor pemerintahan baik pusat maupun daerah, selain itu pemerintah juga mengkonsumsi mobil dinas pegawai, rumah dinas untuk pegawai, serta berbagai peralatan perang mulai dari senapan, pistol, bom maupun tank.

Peran ketiga yang dimiliki pemerintah adalah sebagai pengatur kegiatan ekonomi dalam negerinya. Dalam perannya ini pemerintah merancang segala peraturan maupun kebijakan terkait dengan kegiatan ekonomi. Misalnya saja peraturan tentang otonomi daerah, yang tercantum dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 yang didalamnya mengatur pembagian dan pemanfaatan sumber daya nasional.

Peran Masyarakat Luar Negeri pada Kegiatan Ekonomi

Yang dimaksud masyarakat luar negeri disini yaitu negara lain ataupun masyarakat atau rakyat yang ada negera lain. Dalam kegiatan ekonomi, masyarakat luar negeri berperan sebagai Pengekspor Barang dan Jasa, Pengimpor Barang dan Jasa, Pengekspor Faktor-Faktor Produksi, Pengimpor Faktor-Faktor Produksi dan Mitra Kerja Sama Ekonomi.

Kesimpulan
Pelaku ekonomi memiliki peran yang berbeda-beda, dari berbagai Peran Pelaku Ekonomi sebagaimana telah dijelaskan di atas maka pada dasarnya diantara semua pelaku ekonomi memiliki hubungan yang dan saling membutuhkan sehingga apabila digambarkan dalam sebuah diagram akan membentuk circular flow diagram. Lebih jelasnya silahkan pahami dalam circulair flow diagram dua sektor.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.