Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan jenis pasar dengan jumlah pembeli dan penjual banyak sehingga menciptakan produk yang homogen dan baik perusahaan maupun pembeli secara individual tidak bisa mengontrol harga pasar secara sepihak. Walaupun dinamakan pasar persaingan sempurna, tentu terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan pada jenis pasar ini baik untuk penjual maupun pembeli. Berikut beberapa diantaranya:

Kekurangan dan kelebihan pasar persaingan sempurna

Keuntungan pasar persaingan sempurna bagi konsumen

1.Tidak ada produsen yang bisa menentukan harga pasar, sehingga produk yang dihasilkan dijual di pasar dengan harga terendah yang berlaku. Tentu ini menguntungkan bagi konsumen karena tanpa mengeluarkan biaya yang besar mereka dapat membeli produk yang diinginkan.
2.Banyak produsen yang bermain di pasar jenis ini sehingga konsumen memiliki banyak pilihan produsen tempat ia akan membeli produk yang diinginkan.
3.Karena barang yang dijual di pasar ini bersifat homogen, yaitu memiliki karakteristik dan kualitas yang sama, maka konsumen tidak perlu khawatir jika ada produsen yang meninggikan produknya diatas harga pasar, karena konsumen bisa membeli produk yang sama di perusahaan yang berbeda dengan harga lebih murah namun kualitas sama.
4.Konsumen dapat memperoleh informasi mengenai suatu produk baru tepat waktu dan tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar untuk memperolehnya karena produk tersebut muncul secara serentak di setiap produsen.

Keuntungan pasar persaingan sempurna bagi produsen






1.Banyak produsen bermain di pasar ini sehingga jumlah saingan pun besar, oleh karena itu produsen sebisa mungkin melakukan penyesuaian dan efisiensi produksi dalam menghasilkan produk yang akan dijual. Efisiensi produksi ini akan sulit dicapai pada jenis pasar persaingan tidak sempurna, seperti pasar monopoli.
2.Produsen tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mengiklankan produknya. Selain sebagai bentuk efisinesi produksi, hal ini juga tidak diperlukan karena produk yang dijual relatif homogen atau sama dengan produk yang dikeluarkan perusahaan lain.
3.Pasar jenis ini merupakan pasar yang tepat bagi perusahaan-perusahaan kecil untuk menjual produknya.

Kekurangan pasar persaingan sempurna bagi konsumen

Konsumen tidak memilki banyak pilihan dalam membeli suatu produk karena barang yang homogen antar produsen sehingga setiap barang yang dijual adalah sama kualitas dan karakteristiknya.

Kekurangan pasar persaingan sempurna bagi produsen

1.Jenis barang yang bersifat homogeny membuat produsen sulit melakukan inovasi atau bahkan mengembangkan produknya. Karena kualitas produk ditentukan oleh pasar dan peningkatan kualitas produk melalui inovasi dapat meningkatkan harga jual yang kemungkinan besar produsen akan ditinggal oleh konsumennya. Selain itu tidak ada biaya yang bisa digunakan produsen untuk melakukan uji coba produk inovasi terkait efisiensi biaya produksi.
2.Produsen mengambil keuntungan sedikit dari penjualan produk karena produk dijual dengan harga rendah sesuai harga yang ditetapkan pasar.

Demikianlah pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna,setelah memahami artikel ini maka silahkan anda membaca juga artikel terkait proses pembentukan harga pada pasar persaingan sempurna. Semoga artikel ekonomi dalam pembahasan ini dapat memberi pemahaman kepada anda untuk mengetahui kelebihan pasar persaingan sempurna sekaligus kelemahannya.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.