Memahami Sistem Ekonomi Liberal sesuai Pemikiran Adam Smith

Sistem Ekonomi Liberal yang merupakan hasil pemikiran dari bapak ekonomi yaitu Adam Smith adalah sebuah sistem ekonomi yang di serahkan kepada masyarakat dalam pengaturan kegiatan ekonomi negaranya. Dengan demikian Masyarakatlah yang berperan dalam mengatur kehidupan ekonomi negara. Dalam sistem ekonomi liberal yang menentukan apa? Bagaimana? Serta untuk siapa barang maupun jasa diproduksi adalah masyarakat. Pada sistem ekonomi pasar bebas (liberal), Kekuatan pasar akan menentukan seluruh kegiatan ekonomi, kekuatan pasar yang dimaksud disini adalah kekuatan yang terjadi karena adanya pertemuan antara supply (penawaran) dan demand (permintaan). Jadi, Jika individu atau sekelompok orang bermaksud untuk menguasai kekuatan pasar maka individu atau kelompok orang tersebut wajib mempunyai kapital (modal), kemampuan wirausaha yang hebat dan teknologi yang mendukung.

Ciri-ciri sistem ekonomi liberal sesuai pemikiran adam smith

Adam Smith : Penemu sistem ekonomi liberal
Sama halnya dengan sistem ekonomi komando yang dapat dikenali dengan mengamati ciri-cirinya, sistem ekonomi pasar (liberal) ini juga dapat dikenali dengan memahami ciri-cirinya, adapun ciri-ciri sistem ekonomi kapital (leberal) adalah sebagai berikut:
  1. Masyarakat mengatur semua kegiatan ekonomi
  2. Terdapat pengakuan Hak milik perorangan.
  3. Terdapat kebebasan berusaha, kebebasan berinovasi, dan kebebasan berkreativitas bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi.
  4. Tujuan utama melakukan Kegiatan ekonomi adalah mencari laba yang maksimal (profit oriented).
  5. Terdapat persaingan antar para pengusaha dalam mencapai kesuksesan berusaha.
  6. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi terbatas.
  7. Semua harga ditentukan oleh kekuatan pasar.

Kebaikan Sistem Ekonomi Liberal





Dengan mengamati beberapa yang menjadi ciri khas sistem ekonomi pasar (liberal) di atas maka dapat diketahui kebaikan sistem ini, adapun kebaikan-kebaikan yang dimiliki sistem ekonomi ini adalah sebagai berikut:
  1. Adanya kebebasan ddalam berusaha, kebebasan dalam berinovasi maupun kebebasan berkreativitas dalam melakukan kegiatan ekonomi.
  2. Persaingan antarpengusaha mendorong kemajuan teknologi.
  3. Hak milik perorangan diakui.

Keburukan Sistem Ekonomi Liberal

Disamping sejumlah kebaikan dari sistem ekonomi ini, terdapat pula tiga kelemahan utama dari sistem ekonomi pasar yaitu:
  1. Tidak terdapat pemerataan pendapatan sehingga menyebabkan kesenjangan ekonomi dimasyarakat.
  2. Dapat memicu terjadinya eksploitasi atau penindasan sesama manusia.
  3. Mengakibatkan timubulnya praktik monopoli yang berefek buruk bagi masyarakat.

Menurut pemikiran Adam Smith Sistem ekonomi liberal merupakan sebuah sistem yang menghendaki adanya kebebasan pasar dan tidak menghendaki adanya campur tangan dari pemerintah. Sistem ekonomi pasar bebas ini banyak dianut oleh beberapa negara maju, misalnya megara Amerika, negara jerman, negara Inggris, Prancis, dan negara Jepang. Namun dalam pelaksanaannya negara-negara maju tersebut telah melakukan berbagai penyesuaian agar cocok dengan ideologi dan kondisi masing-masing negera itu.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.