Mengambarkan Circulair Flow Diagram 4 Sektor dengan benar

Selamat datang kembali di blog ekonomi-kelasx.blogspot.com, sebuah blog sederhana yang dibuat untuk memfasilitasi pembelajaran ilmu ekonomi. Dalam artikel ini masih membahas tentang circulair flow diagram, lebih khususnya circulair flow diagram 4 sektor atau model circulair flow yang lengkap. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu circulair flow diagram 2 sektor dan circulair flow diagram 3 sektor. Saya kira anda yang mengikuti pembahasan circulair flow diagram dalam blog ini dengan baik dan urut atau sistematis dapat menjawab apakah pengertian circulair flow diagram, bagi anda yang belum tahu karena mungkin baru saja menemukan blog ini, maka disarankan untuk memahami dua buah artikel yang diatas baik circulair flow dua sektor maupun tiga sektor.

Untuk mengawali Pembahasan ini maka silahkan amati gambar berikut ini dengan teliti, setelah itu simak pembahasannya dibawah gambar.

Gambar Circulair flow diagram 4 sektor

analisis circulair flow diagram 4 sektor

Berdasarkan gambar di atas maka dapat diketahui bahwa dalam model diagram arus 4 sektor terdapat 4 pelaku ekonomi yang terlibat yaitu pemerintah, perusahaan, rumah tangga dan masyarakat luar negeri. Pada dasarnya gambar di atas menjelaskan hubungan timbal balik diantara keempat pelaku kegiatan ekonomi tersebut dalam kegiatan ekonomi. Untuk lebih detailnya silahkan keterangan lebih detai di bawah ini:

Hubungan RTK dengan RTP
Perusahaan atau RTP berfungsi dalam pembuatan barang dan jasa, untuk dapat melakukan fungsinya itu maka RTP membutuhkan faktor produksi yang dimiliki RTK.  Karena adanya ketergantungan RTP terhadap RTK maka kedua pelaku kegiatan ekonomi tersebut dipertemukan pada pasar faktor produksi. Apabila perusahaan telah memanfaatkan faktor produksi yang dimiliki RTK maka RTP harus memberi balas jasa kepada RTK baik berupa uang sewa, atau uang gaji, maupun bunga tergantung jenis faktor produksi yang digunakan. Sebaliknya, RTK harus mencukupi kebutuhan hidup sebagai manusia baik berupa barang atau pun jasa. Barang dan jasa bisa diperoleh RTK dari RTP melalui pasar barang dan jasa. Jadi, untuk mencukupi kebutuhannya, RTK akan membayar sejumlah uang terhadap barang dan jasa yang dibelinya kepada RTP. Dengan demikian RTP akan mendapat penghasilan yang diperolehnya dari RTK.

Hubungan Pemerintah dengan RTK dan RTP




Salah satu peran pemerintah adalah menghasilkan barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyatnya melalui BUMN misalnya Pertamina, PLN dan perusahaan pemerintah lainnya, produk yang dihasilkan pemerintah tersebut dikonsumsi oleh RTK dan RTP. Produk yang dihasilkan oleh pemerintah contohnya minyak, gas alam, Listrik, jasa pendidikan, jasa kesehatan dll. Karena pemerintah telah menghasilkan produk yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan RTK maupun RTP maka pemerintah berhak untuk mendapatkan Penerimaan atau pendapatan, serta berhak menarik pajak dari RTP dan RTK. Sebagian penerimaan atau pendapatan yang diterima pemerintah digunakan untuk membayar para PNS dan pejabat pemerintahan, serta untuk memberi subsidi kepada RTK maupun RTP.

Hubungan masyarakat luar negeri dengan pelaku ekonomi dalam negeri
Dalam kondisi ekonomi global sekarang ini, Interaksi dengan masyarakat luarnegeri menjadi sebuah perkara yang mustahil untuk dihindari. Interaksi dengan masyarakat luar negeri menimbulkan terjadinya impor barang maupun jasa (arus masuk barang dan jasa) dan menimbulkan ekspor barang maupun jasa  (arus keluar barang dan jasa) yang terjadi melalui pasar barang dan jasa atau pasar output, selain itu interaksi dengan masyarakat luar negeri juga menimbulkan adanya impor faktor produksi (arus masuk faktor produksi) dan ekspor faktor produksi (arus keluar faktor produksi) yang terjadi melului pasar input atau pasar faktor produksi. Ketika terjadi impor barang dan jasa dari masyarakat luar negeri, maka negara kita (dalam negeri) harus mengeluarkan devisa sebagai pembayaran barang dan jasa yang diimpor. Sebaliknya, Ketika terjadi kegiatan ekspor barang dan jasa kepada masyarakat luar negeri maka negara kita (masyarakat dalam negeri) akan menerima devisa atas barang dan jasa yang diekspor. Begitu juga ketika terjadi impor faktor produksi dari luar negeri maka negara kita (masyarakat dalam negeri)  harus memberi balas jasa atas faktor produksi yang diimpor, dengan balas jasa berupa upah atau bunga maupun laba atau sewa sesuai jenis faktor produksi yang diimpor, dan sebaliknya ketika negara kita (masyarakat dalam negeri) melakukan ekspor faktor produksi maka negara kita akan menerima balas jasa atas faktor produksi yang diekspor. Demikianlah Pembahasan Circulair Flow Diagram 4 Sektor, Semoga anda dapat memahaminya dengan tepat.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.