Menganalisis Circulair Flow Diagram 3 Sektor secara tepat

Dalam Pembahasan sebelumnya ada telah disuguhkan penjelasan tentang circulair flow diagram 2 sektor. Tentunya anda harus membaca artikel tersebut agar anda lebih menguasai dengan baik tentang circulair flow diagram 3 sektor. Apa perbedaan antara circulair flow diagram 2 sektor dan 3 sektor? Perbedaannya diantara kedua diagram arus tersebut terletak pada jumlah sektornya atau pelaku ekonomi yang digambarkannya. Apabila dalam diagram arus 2 sektor hanya ada sektor perusahaan dan sektor rumah tangga, sedangkan dalam diagram arus 3 sektor terdapat sektor pemerintah, perusahaan, dan rumah tangga.

Circulair flow diagram 3 sektor merupakan sebuah diagram yang menjelaskan hubungan antara 3 pelaku ekonomi yaitu pemerintah, perusahan dan rumah tangga dalam kegiatan ekonomi yang memperlihatkan sebuah arus yang melingkar dan membentuk suatu sistem. Melalui gambar circulair flow diagram maka anda dapat dengan mudah mengetahui hubungan antara rumah tangga dengan perusahaan, rumah tangga dengan pemerintah, maupun perusahaan dengan rumah tangga dan hubungan antara perusahaan dengan pemerintah. Lebih jelasnya silahkan amati gambar berikut:

Gambar Circulair flow diagram 3 sektor

gambar Circulair flow diagram tiga sektor

Berdasarkan gambar di atas maka kita dapat melihat hubungan antara ketiga pelaku ekonomi dengan jelas. Jika anda belum jelas silahkan simak penjelasan gambar di atas dibawah ini:

Hubungan Rumah Tangga dengan Perusahaan
Perusahaan atau Rumah tangga produsen berperan untuk membuat barang atau jasa, untuk melakukan perannya maka perusahaan membutuhkan berbagai faktor produksi yang dapat diperolehnya dari rumah tangga.  Karena adanya ketergantungan perusahaan terhadap rumah tangga maka kedua pelaku ekonomi tersebut bertemu dalam pasar input atau pasar faktor-faktor produksi. Apabila perusahaan telah memakai atau menggunakan (mengkonsumsi) faktor produksi yang dimiliki rumah tangga maka perusahaan harus membayar balas jasa kepada rumah tangga baik berupa uang sewa, uang gaji, atau bunga dan sebagainya. Sebaliknya, Rumah tangga harus memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa barang ataupun jasa. Barang dan jasa bisa didapatkan rumah tangga dari rumah tangga produsen melalui pasar output atau pasar barang dan jasa. Jadi, untuk memenuhi kebutuhannya, rumah tangga akan mengeluarkan uang yang dimilikinya untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkannya pada perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan memperoleh pendapatan yang diperolehnya dari rumah tangga.




Hubungan Pemerintah dengan Rumah Tangga dan Perusahaan
Pemerintah menjalankan salah satu perannya yaitu sebagai produsen dengan menghasilkan barang dan jasa melalui BUMN seperti Pertamina, PLN dsb, produk yang dihasilkan pemerintah dikonsumsi oleh rumah tangga dan perusahaan. Produk atau Barang dan jasa yang dihasilkan oleh pemerintah misalnya minyak, Listrik, gas, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Karena pemerintah telah menghasilkan produk yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun perusahaan maka pemerintah berhak untuk mendapatkan penghasilan atau pendapatan maupun menarik pajak dari perusahaan dan rumah tangga. Semua pendapatan atau penghasilan yang didapatkan pemerintah di antaranya dikeluarkan untuk membayar para pegawai negeri misalanya membayar gaji polisi, membayar gaji guru, dokter dan sebagainya, pendapatan pemerintah juga digunakan untuk memberi subsidi kepada rumah tangga maupun perusahaan.

Kesimpulan
Circulair flow diagram 3 sektor pada khakikatnya menjelaskan hubungan timbal bailk antara tiga pelaku kegiatan ekonomi yaitu pemerintah, rumah tangga dan perusahaan. Hubungan ini terjadi diantaranya pada pasar faktor produksi dan pasar barang dan jasa. Setelah anda paham dengan artikel ini maka disarankan untuk membaca artikel berikutnya tentang circulair flow diagram 4 sektor.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.