Prinsip ekonomi dan Motif ekonomi itu berbeda

Dalam Ilmu ekonomi kita akan dihadapkan dengan istilah Prinsip ekonomi dan Motif ekonomi. Apakah kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama? Ataukah berbeda? Bagi anda yang sudah menekuni ilmu ekonomi dengan baik tentu akan menjawabnya dengan tepat, namun bagi seseorang yang baru belajar ekonomi mungkin saja kedua istilah tersebut menjadi hal yang membingungkan. Nah untuk menghilangkan kebingungan tersebut maka blog ekonomi-kelasx ini akan membahas makna dari kedua istilah tersebut dengan tepat dan sederhana.

Untuk memulai pembahasan Motif ekonomi dan prinsip ekonomi maka dalam artikel ini akan diawali dengan ilustrasi yang relevan dengan kedua konsep ekonomi tersebut. Selengkapnya adalah sebagai berikut:

Perbedaan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
Ilustrasi 1.
Pak Furkon adalah seorang ayah dengan satu anak. Dalam kehidupan kesehariannya pak furkon berprofesi sebagai manager dibidang pemasaran produk dari perusahaan tempat dia bekerja. Pak furkon merupakan orang yang tekun dan selalu bersemangat dalam bekerja. Yang membuat dia semangat dalam bekerja adalah dia ingin memberi nafkah untuk istri dan anaknya tercinta dengan nafkah yang Khalal dan cukup sehingga keluarganya bahagia, selain itu pak furkon juga memiliki keinginan untuk memperoleh penghargaan dari perusahaan atas prestasi kerjanya.
Ilustrasi 2
Ibu Fatimah merupakan seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Dia merupakan ibu rumah tangga yang ramah dan baik hati. Dalam urusan sehari-hari ibu fatimah diserahi tugas untuk mengurus anak dan mengatur pengeluaran untuk biaya hidup keluarga. Ketika akan berbelanja sayur, sembako dan sejenisnya untuk keperluan konsumsi keluarganya, ibu fatimah selalu mempertimbangkan dengan matang apa yang akan dibeli, Ibu fatimah selalu menyesuaikan uang yang dimilikinya (sumber daya) dengan kebutuhan hidup keluarganya, sehingga semua kebutuhan terpenuhi dengan uang (salah satu bentuk sumber daya) yang dimilikinya dan selalu menghindari pemborosan. Ibu fatimah bertekad untuk mengunakan uangnya (yang terbatas) agar selalu dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup keluarganya (yang relatif tidak terbatas).




Nah berdasarkan kedua ilustrasi di atas, yang sengaja dibuat dengan semudah mungkin agar mudah dimengerti, penulis ingin memberikan pertanyaan manakah yang termasuk ilustrasi yang menggambarkan prinsip ekonomi, ilustrasi 1 atau 2?? Dan manakah yang termasuk ilustrasi yang menggambarkan motif ekonomi??

Untuk membantu menjawabnya sekarang, akan disajikan makna dari prinsip ekonomi dan prinsip ekonomi.

Inilah definisi dari prinsip ekonomi dan motif ekonomi

Definisi Prinsip Ekonomi

Dlam ilmu ekonomi, prinsip ekonomi dimaknai sebagai bentuk-bentuk kegiatan atau usaha dengan menggunakan sumber daya yang terbatas ketersediannya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau prinsip ekonomi dapat juga didefinisikan sebagai usaha yang dilakukan untuk mencapai target tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang jumlahnya relatif kecil.

Definisi Motif ekonomi

Dalam ilmu ekonomi, motif ekonomi dimaknai sebagai sebuah atau beberapa alasan yang menjadi pemicu atau faktor pendorong seseorang atau beberapa rang untuk melakukan tindakan ekonomi. Pahami juga macam motif ekonomi dalam ilmu ekonomi

Sekarang diharapkan anda sudah memiliki pemahaman yang baik tentang perbedaan antara prinsip ekonomi dan motif ekonomi, dan sampai disini diharapkan anda sudah menjawab pertanyaan di atas terkait ilustrasi 1 dan ilustrasi 2, manakah yang termasuk motif ekonomi dan manakah yang termasuk prinsip ekonomi. Setelah anda memahami dengan baik artikel ini maka selanjutnya pahamilah artikel tentang tindakan ekonomi. Demikianlah ulasan dalam artikel ini, semoga saudara dapat mendapatkan pemahaman yang baik tentang makna prinsip ekonomi dan motif ekonomi.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.