Mengenal Pelaku Ekonomi dengan benar dan sederhana

Dalam materi kelas X sebelumnya telah dijelaskan tentang sistem ekonomi, masih ingatkah anda apa itu sistem ekonomi? Saya harap anda telah paham betul apa itu sistem ekonomi sebelum memahami artikel tentang Pelaku Ekonomi ini. Pada dasarnya sistem ekonomi tidak dapat berjalan jika tidak ada pelaku yang menggerakan sistem tersebut, apapun jenis sistem-nya pastilah dijalankan oleh pelaku, nah pelaku yang menjalankan sistem ini, dalam ilmu ekonomi dikenal dengan pelaku ekonomi. Siapa sajakah pelaku ekonomi yang berperan menjalankan sistem ekonomi? Inilah yang akan diperkenalkan dalam artikel singkat ini.

Macam-macam Pelaku Ekonomi

Dalam materi ekonomi kelas x kita akan diperkanalkan tentang pelaku-pelaku ekonomi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian berikut ini yang menjelaskan tentang pelaku ekonomi.

Dua Pelaku ekonomi dalam perekonomian sederhana

Pada awal sebuah perekonomian yang disebut dengan perekonomian sederhana, hanya dikenal dua pelaku ekonomi, yang pertama adalah rumah tangga ( disebut juga rumah tangga konsumen) dan yang kedua adalah perusahaan (Rumah tangga produsen). Dalam perekonomian sederhana ini Rumah tangga memiliki fungsi sebagai konsumen dan penyedia faktor-faktor produksi yang utama yaitu faktor produksi tanah (alam), faktor produksi tenaga kerja, modal, dan keirausahaan. Disisi lain pelaku ekonomi yang kedua yaitu perusahaan memiliki fungsi sebagai pihak yang bertugas mengelola faktor-faktor produksi yang disediakan rumah tangga untuk memproduksi produk baik berupa barang maupun berupa jasa, dimana barang dan jasa ini sangat dibutuhkan oleh rumah tangga. Dengan demikian dalam perekonomian sederhana antara dua pelaku tersebut saling membutuhkan. Untuk jelasnya hubungan antara Rumah tangga dengan produsen silahkan baca artikel circular flow 2 sektor.

Tiga Pelaku ekonomi dalam perekonomian yang lebih modern





Sebagaimana kita sadari bahwa zaman dari waktu kewaktu terus mengalami perkembangan, adanya perkembangan zaman ini memicu terjadinya perkembangan perekonomian. Dalam perekonomian yang lebih modern ini sudah mengenal adanya kehidupan ketatanegaraan sehingga dalam perekonomian melibatkan pemerintah. Dengan demikian dalam perkekonomian ini dikenal 3 pihak pelaku yang utama yaitu rumah tangga, perusahaan dan pemerintah. Ketiga pelaku tersebut memiliki peran masing-masing yang saling membutuhkan, untuk jelasnya silahkan circular flow diagram 3 sektor.

Empat Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian masa kini

Dalam zaman globalisasi sekarang ini, setiap negara membuka lebar-lebar hubungan yang saling menguntungkan dari segala aspek kehidupan, tidak terkecuali dengan aspek ekonomi. Didorong oleh keterbatasan setiap negara dalam memenuhi segala kebutuhan rakyatnya sendiri atau dengan kata lain setiap negara di dunia ini memiliki ketergantungan dengan negara lainnya maka munculah kegiatan perdagangan antar negara  atau perdagangan masyarakat dalam negeri dengan masyarakat luar negeri untuk saling memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh dalam negeri. Dengan adanya perdagangan antar negara yang dikenal dengan ekspor atau impor ini maka munculah pelaku yang keempat yaitu masyarakat luar negeri. Jadi pada era sekarang ini terdapat empat pihak pelaku yang terlibat dalam pelaksanaan sistem ekonomi pada sebuah negara yaitu rumah tangga, pelaku ekonomi perusahaan atau rumah tangga produsen, pemerintah dan masyarakat luar negeri. Hubungan antar keempat pelaku ekonomi ini terlihat dengan jelas dalam circular flow diagram 4 sektor

Kesimpulan
Dalam ilmu ekonomi dikenal empat Pelaku ekonomi yang utama yaitu rumah tangga lengkapnya rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen atau perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri. Masing-Masing dari keempat pelaku tersebut memiliki peran yang spesifik dan penting, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ekonomi selanjutnya yaitu tentang peran masing-masing pelaku ekonomi.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.