Mengenal macam-macam motif ekonomi dengan benar

Apakah pengertian dari motif ekonomi? Apa saja macam motif ekonomi itu? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin sebuah pertayaan sepele bagi anda yang sudah menekuni ilmu ekonomi dengan baik, namun pertayaan-pertanyaan tersebut mungkin dapat menjadi pertayaan yang cukup sulit atau bahkan sangat sulit bagi seseorang yang baru memulai menekuni ilmu ekonomi.

Dalam Artikel yang telah dibahas sebelumnya yaitu artikel yang berjudul makna motif ekonomi dan prinsip ekonomi itu berbeda, telah diinggung tentang motif ekonomi, namun belum dijelaskan dengan tuntas terkait macam-macam motif ekonomi itu sendiri, nah untuk melengkapi pembahasan tentang motif ekonomi maka sengaja dibuat artikel ini yang akan melengkapi pembahasan dalam artikel sebelumnya.

Macam-macam motif ekonomi
Sebelum membahas tentang macam-macam motif ekonomi, maka perlu ditekankan dulu tentang pengertian motif ekonomi, dalam teori ekonomi jelaskan bahwa motif ekonomi didefinisikan sebagai Suatu alasan atau dapat juga diartikan sebagai suatu tujuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi. Selain itu motif ekonomi juga dapat didefinisikan sebagai suatu dorongan terhadap seseorang untuk melakukan suatu tindakan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai kemakmurannya. Dari pengertian motif ekonomi ini maka dapat dikatakan bahwa motif ekonomi merupakan sesuatu yang memicu seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Setelah memahami makna motif ekonomi, maka selanjutnya perlu dibahas apa saja motif ekonomi itu?

Jenis-Jenis Motif Ekonomi yang dimiliki manusia

Macam atau jenis motive ekonomi manusia dapat dikelompokan dalam 5 kategori atau 5 macam, yaitu motif untuk dapat memenuhi kebutuhan, motif untuk dapat mendapat kesejahteraan atau keuntungan, motif untuk mendapat penghargaan, motif ekonomi untuk mendapat kekuasaan dan motif ekonomi untuk kesejahteraan bersama sebagai mahluk sosial (dikenal sebagai motif sosial). Detail tentang kelima jenis motif ekonomi diatas adalah sebagai berikut:

Motif ekonomi untuk memenuhi kebutuhan





Merupakan motivasi yang terdapat dalam diri manusia untuk melakukan tindakan dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh motif ini misalnya, Seseorang bekerja keras untuk mendapatkan uang yang nantinya uang itu dapat untuk memenuhi kebutuhan makan setiap hari.

Motif mendapatkan kekuasaan

Merupakan keinginan manusia yang sebenarnya sudah makmur, tetapi manusia tersebut masih melakukan tindakan ekonomi karena dorongan untuk memperoleh kekusaan. Contoh motif jenis ini antara lain, Seorang pengusaha sukses yang masih mengembangkan usahanya supaya perusahaanya terkenal dan bisa menguasai ekonomi di bangsa Indonesia.

Motif untuk mendapatkan kesejahteraan

Berbagai tindakan-tindakan seseorang yang dilakukan karena adanya dorongan memperoleh untuk keuntungan atau laba.
Contoh: Seoerang usahawan yang rajin bekerja karena keiinginan untuk meningkatkan omset penjualannya dengan tujuan mendapatkan laba atau keuntungan yang tinggi.

Motif Sosial

Merupakan tindakan manusia yang didorong oleh keinginan untuk meringankan penderitaan orang lain dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Contoh motif ekonomi jenis ini antara lain, Seseorang bekerja keras, dan hasilnya untuk menyumbang korban bencana letusan gunung merapi yang baru-baru ini terjadi.

Motif mendapatkan suatu penghargaan

Merupakan motivasi seseorang yang mendorongnya untuk melakukan tindakan dalam rangka mendapatkan penghargaan. Contoh motif ini diantaranya, seorang Karyawan yang rajin agar mendapat penghargaan sebagai karyawan teladan dari perusahaannya.

Demikianlah pembahasan macam-macam motif ekonomi yang melekat pada manusia. Motif ekonomi masing-masing manusia dalam hidupnya berbeda-beda, perbedaan tersebut mengakibatkan tindakan eknomi yang dilakukan setiap manusia juga berbeda, hal ini karena motif ekonomi menjadi dasar atas tindakan ekonomi yang dilakukan manusia. Semoga apa yang diterangkan dalam artikel ini dapat meningkatkan pemahaman anda tentang materi ekonomi dalam hal ini tentang macam-macam motif ekonomi.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.