Pengertian dan penggolongan jenis kebutuhan dalam ekonomi

Kebutuhan manusia adalah salah satu inti dari hal yang dibahas dalam ilmu ekonomi, mengapa? Karena pada dasarnya manusia melakukan tindakan ekonomi karena didorong motif ekonomi atau keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena adanya kebutuhan ini maka munculah kegiatan-kegiatan ekonomi yang memutar perekonomian dan tidak akan pernah berhenti. Kegiatan ekonomi tersebut mulai dari produksi, kegiatan distribusi hingga pada konsumsi. Ketiga kegiatan tersebut dilakukan manusia karena adanya “kebutuhan manusia” yang harus dipenuhi untuk keberlanjutan hidupnya. Selengkapnya tentang kebutuhan manusia akan dibahas dalam uraian berikut ini:

Pengertian kebutuhan manusia dalam teori ekonomi

pengertian dan jenis kebutuhan manusia
Kebutuhan manusia menurut ilmu ekonomi dimaknai sebagai sebuah hasrat atau keinginan manusia untuk mendapatkan barang atau jasa yang dapat dipergunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia atau untuk memperoleh kesejahteraan dan untuk memperoleh kenyamanan. Berdasarkan makna dari kebutuhan manusia ini maka ada 3 konsep utama dalam kebutuahan manusia, yang pertama adanya keinginan, yang kedua adanya konsep barang atau jasa dan yang ketiga adanya konsep “tujuan”. Meskipun salah satu dari konsep dalam pengertian kebutuhan manusia adalah “keinginan”, namun bukan berarti bahwa makna kebutuhan sama dengan makna keinginan. Kebutuhan dan keinginan memiliki makna berbeda dalam ilmu ekonomi, selengkapnya tentang perbedaan antara kebutuhan dan keinginan dapat dibaca dalam artikel selanjutnya.

Penggolongan Jenis kebutuhan manusia menurut ilmu ekonomi

Kebutuhan manusia yang harus dipenuhi untuk menjaga kelangsunagan hidup manusia memiliki jumlah yang sangat banyak hingga dalam ilmu ekonomi dikatakan relatif tidak terbatas, karena begitu banyaknya ragam kebutuhan manusia maka dalam ilmu ekonomi menggolongkan dalam 6 golongan dengan tujuan untuk mempermudah dalam mengenal kebutuhan tersebut. Adapun Pengolongan jenis kebutuhan dalam ekonomi antara lain sebagai berikut.

Jenis Kebutuhan berdasarkan Sifatnya

a. Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani merupakan jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh atau jasmani setiap manusia. Contohnya, makanan dan minuman diperlukan tubuh agar tubuh tetap sehat, selain itu juga kebutuhan akan pakaian, dan kebutuhan terkait olahraga.
b. Kebutuhan Rohani
Kebutuhan Rohani merupakan jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh jiwa atau rohani setiap manusia. Contohnya, kebutuhan akan hiburan, kebutuhan akan siraman rohani, kebutuhan akan pendidikan dan sebagainya.

Jenis kebutuhan berdasarkan Intensitas




a. Kebutuhan Mutlak
Kebutuhan mutlak yaitu semua kebutuhan manusia yang sifatnya sangat penting serta wajib dipenuhi. Contoh dari kebutuhan mutlat salah satunya yaitu udara.
b. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang dipenuhi dengan tujuan untuk dapat hidup dengan layak. Contoh kebutuhan primer antara lain makanan, pakaian, minuman, tempat tinggal.
c. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer tercukupi. Manusia berusaha memenuhi kebutuhan sekunder dengan tujuan untuk mengaktualisasikan diri sebagai makhluk sosial yang berbudaya Contoh kebutuhan sekunder antara lain kebutuhan akan meja, kebutuhan akan kursi, sepatu, buku, pensil, televisi dan sebagainya..
d. Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang dipenuhi setelah terpenuhi kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier dalam ilmu ekonomi dikenal juga sebagai kebutuhan mewah atau kebutuhan lux. Kebutuhan tersier pada umumnya hanya dapat dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dipenuhi dengan tujuan mendapatkan atau meningkatkan prestise di mata masyarakat. Contoh kebutuhan ini antara lain pakaian mewah, mobil mewah, rumah megah dan mewah, dan sebagainya.

Jenis Kebutuhan manusia berdasarkan bentuknya

a. Kebutuhan Material
Kebutuhan material merupakan kebutuhan-kebutuhan manusia yang berupa atau berwujud benda-benda yang memiliki wujud nyata (dapat dilihat, dirasakan dan diraba), misalnya kebutuhan akan makanan, kebutuhan terhadap pakaian, rumah dan sebagainya.
b. Kebutuhan Immaterial
Kebutuhan immaterial merupakan sebuah kebutuhan manusia yang berbentuk benda-benda yang tidak memiliki wujud atau benda imma-terial, Contoh kebutuhan ini antara lain yaitu kebutuhan akan nasihat ulama, hiburan, jasa dokter dan sebagainya.

Kebutuhan Menurut Subjek

a. Kebutuhan pribadi
Kebutuhan pribadi merupakan kebutuhan manusia yang pemenuhannya dilakukan oleh masing-masing individu atau perorangan. Contoh kebutuhan pribadi antara lain, kebutuhan makan, kebutuhan minum, kebutuhan pakaian, sikat gigi, sepatu dan sebagainya. Kebutuhan individu masing-masing orang berbeda-berbeda. Kebutuhan individu dari sseeorang yang bekerja sebagai petani berbeda kebutuhannya dengan seseorang yang bekerja sebagai dokter.
b. Kebutuhan kelompok
Kebutuhan kelompok merupakan kebutuhan manusia yang pemenuhannya dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan memenuhi kepentingan bersama. Contoh kebutuhan kelompok yaitu kebutuhan terhadap jalan raya, kebutuhan terhadap pasar, kebutuhan terhadap tempat pembuangan sampah-sampah, dll.

Jenis Kebutuhan manusia berdasarka Waktunya

a. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi ketika kebutuhan tersebut dirasakan dan tidak dapat ditunda. Contoh, kebutuhan terhadap obat bagi orang yang sakit,
kebutuhan terhadap makanan bagi orang yang lapar.
b. Kebutuhan masa depan
Merupakan kebutuhan manusia diperlukan pada masa depan sehingga pemenuhannya dapat ditunda. Contohnya kebutuhan terhadap biaya kuliah bagi anak yang sekarang masih SMP. manusia mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan masa depan, dengan cara menabung.
c. Kebutuhan tiba-tiba atau kebutuhan tidak terduga
Merupakan kebutuhan manusia yang sifatnya tidak dapat diperkirakan sebelumnya dan terjadinya secara tak terduga. Contoh kebutuhan ini antara lain kebutuhan terhadap jasa bengkel ketika sepeda ban meletus.

Semoga dengan artikel ini dapat membuat anda mengerti tentang definisi kebutuhan dan mengerti jenisi-jenis kebutuhan menurut ilmu ekonomi dengan baik dan tepat.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.