8 Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia

Apakah setiap kebutuhan manusia itu sama? Apakah manusia mempunyai kepentingan yang sama dalam pemenuhan kebutuhannya? Jawabannya adalah “tidak”, setiap manusia memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda, besar-kecilnya kebutuhan manusia atau banyak sedikitnya kebutuhan manusia juga berbeda-beda, perbedaan tersebut diakibatkan adanya faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.. Misalkan saja anda adalah seorang pelajar, bagi pelajar buku dan pena merupakan suatu kebutuhan, namun apakah bagi seorang nelayan buku dan pena merupakan suatu kebutuhan? Tentu tidak,,, nelayan lebih membutuhkan jala dan perahu untuk menangkap ikan. Satu lagi contoh, perhatikanlah tetangga anda, apakah tetangga anda memiliki kebutuhan yang sama dengan anda? Misalkan saja tetangga anda merupakan orang yang tergolong dalam keluarga ekonomi lemah dan anda tergolong dalam ekonomi menengah ke atas, mungkin bagi anda untuk membeli sebuah sepeda motor adalah hal yang mudah, namun bagi tetangga anda untuk membelinya sangatlah sulit, sehingga bagi tetangga anda sepeda motor adalah kebutuhan tersier yang tidak terlalu penting untuk dipenuhi sekarang, sedangkan bagi anda mungkin sepeda motor menjadi sebuah kebutuhan sekunder.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
Beberapa contoh diatas merupakan ilustrasi yang menyatakan bahwa sebenarnya kebutuhan manusia itu berbeda-beda, perbedaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor inilah yang akan dibahas dalam artikel ini sesuai ilmu ekonomi. Dalam artikel sebelumnya telah disinggung tentang pengertian kebutuhan manusia dan penggolongan kebutuhan manusia. Sekarang dalam artikel ini akan dibicarakan tentang faktor yang mempengaruhi besar kecilnya kebutuhan manusia.

Inilah faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia berbeda

1. Faktor Kondisi Alam

Alam menjadi faktor pembeda kebutuhan manusia, sebagai contoh seseorang yang hidup di daerah panas lebih membutuhkan baju dengan bahan tipis untuk menghindari kepanasan, sebaliknya sesorang yang hidup didaerah yang dingin (seperti orang eskimo yang hidup didaerah kutub) pasti lebih membutuhkan baju dengan bahan yang tebal untuk menghindari kedinginan.

2. Faktor Jenis Agama

Bagi para pemeluk agama islam membutuhkan pakaian khusu untuk ibadah kepada sang pencipta seperti kain sarung bagi muslim, dan mukena bagi muslimah. Sedangkan bagi penganut agama lain tentu pakean tersebut tidak dibutuhkan.

3. Faktor Jenis profesi atau pekerjaan





Seorang petani sangat membutuhkan cangkul dan sebagainya untuk bertani. Tentu saja bagi seseorang yang berprofesi nelayan tidak membutuhkan cangkul, karena nelayan lebih membutuhkan jala dan sebagainya untuk menangkap ikan.

4. Faktor sosial dan Status Ekonomi

Bagi seseorang yang berpendapatan banyak tentu memiliki jenis kebutuhan yang berbeda dengan seseorang yang berpendapatan sedikit. Pada umumnya seseoran yang berpendapatan banyak dalam membeli memenuhi kebutuhannya sangat memperhatikan merek-merek terkenal, sedangkan orang yang biasa-biasa tidak terlalu memperhatikan merek.

5. Faktor Adat Istiadat

Maising-masing daerah mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda. Perbedaan adat-istiadat tersebut mengakibatkan kebutuhan masing-masing daerah yang berbeda-beda sesuai adat masing-masing daerah. Misalnya, dalam upacara pernikahan adat Betawi tentu saja memerlukan kebutuhan yang berbeda dengan upacara pernikahan  adat jawa tengah.

6. Faktor umur atau usia seseorang

Faktor usia tentu saja sangat berpengaruh terhadap jenis kebutuhan manusia, sebagai contoh Kebutuhan bayi tentu berbeda dengan kebutuhan para remaja, serta berbeda juga dengan kebutuhan orang dewasa.

7. Faktor Peradaban

Peradaban menjadi salah satu faktor pembeda kebutuhan manusia, contohnya seseorang yang hidup di pedalaman memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang yang hidup dalam masyarakat yang modern

8. Faktor Hobi atau kegemaran

Yang terakhir faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia berbeda adalah hobi masing-masing orang. Contoh, orang yang hobinya  sepak bola membutuhkan sepatu bola dan bola kaki, sedangkan orang yang hobinya membaca buku membutuhkan buku-buku untuk dibaca.

Demikianlah 8 faktor yang mempengaruhi perbadaan kebutuhan manusia yang dapat dibahas dalam artikel ini, semoga yang disampaikan dalam artikel ini memberi manfaat kepada anda dalam meningkatkan pemahaman tentang  beberapa faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia berbeda.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.