Nilai guna atau utility suatu barang dan jasa

Mengapa suatu barang dan jasa menjadi alat pemuas kebutuhan manusia? Jawabnnya karena barang dan jasa memiliki nilai guna atau utility. Suatu barang yang tidak memiliki nilai guna (manfaat) maka barang dan jasa tersebut tidak dapat menjadi alat pemuas kebutuhan. Pembahasan tentang nilai guna ini sangat erat kaitannya dengan pembahasan pengertian dan bentuk alat pemuas kebutuhan dan tentang pengertian dan jenis kebutuhan manusia, Sehingga diharapkan saudara membaca juga artikel tentang alat pemuas kebutuhan tersebut.

Nilai guna barang atau utility dalam ilmu ekonomi
Dalam paragraf di atas dikatakan bahwa suatu barang dan jasa hanya dapat menjadi alat pemuas kebutuhan manusia jika barang atau jasa tersebut memiliki nilai guna atau utility. Dengan demikian dapat juga dikatakan barang atau jasa yang tidak memiliki nilai guna atau utility tidak dapat menjadi alat pemuas kebutuhan. Lalu apa aja syarat bahwa barang atau jasa dikatakan memiliki nilai guna atau utility?? Barang atau jasa yang dikatakan memiliki nilai guna adalah barang atau jasa yang  berada pada waktu yang tepat, jadi suatu barang dikatakan memiliki nilai guna jika barang atau jasa tersebut berada pada waktu yang tepat, misalnya jas hujan dikatakan memiliki nilai guna atau utility jika jas hujan dipakai ketika hujan deras, namun ketika cuaca cerah jas hujan tidak memiliki nilai guna. Selain berada dalam waktu yang tepat barang atau jasa juga dapat bermanfaat atau dikatakan memiliki nilai guna juga pada saat berada dalam tempat yang tepat dan kriteria lainnya, secara lengkap akan disajikan dalam uraian berikut ini:

Macam-macam nilai guna suatu barang atau jasa

Kegunaan bentuk atau form utility





Merupakan suatu peningkatan manfaat atau kegunaan suatu barang yang diakibatkan oleh terjadinya perubahan bentuk. Misalnya, Pohon-pohon jati yang ada dihutan akan menjadi sangat berguna atau memiliki utility yang tinggi ketika sudah dibentuk menjadi furnitur seperti lemari pakaian, meja belajar anak dan sebagainya.

Kegunaan waktu atau time utility

Merupakan manfaat atau kegunaan dari suatu benda yang akan diberikan apabila benda tersebut digunakan pada waktu yang tepat dan digunakan sesuai fungsi dari benda tersebut. Contoh, Payung akan memberikan manfaat atau memiliki nilai guna jika dipakai saat berpergian dan cuaca hujan.

Kegunaan tempat atau place utility

Merupakan peningkatan nilai guna atau peningkatan manfaat suatu barang yang terjadi karena dipindahkan dari suatu tempat yang kurang tepat menuju tempat yang tepat. Misalnya, sebuah kapal atau perahu dapat memiliki nilai guna jika berada dilaut daripada jika berada didaratan.

Nilai guna kepemilikan atau ownership utility

Merupakan nilai guna suatu barang yang muncul atau dapat berguna jika barang tersebut apabila dimiliki oleh seseorang yang tepat. Misalnya cangkul akan berguna jika dimiliki oleh petani, jala dan perahu akan berguna jika dimiliki oleh nelayan.

Kegunaan Pelayanan atau Service Utility

Merupakan nilai guna suatu barang yang muncul apabila barang tersebut dapat memberikan suatu pelayanan yang sesuai dengan fungsi barang tersebut. Contohnya, Sebuah TV akan memiliki manfaat jika TV tersebut dapat menyiarkan acara-acara dari stasiun televisi.

Kegunaan dasar atau Elementary Utility

Merupakan kegunaan suatu barang yang muncul karena suatu barang dapat menjadi bahan untuk pembuatan produk tertentu. Contohnya kain percak dapat memiliki manfaat jika kain percak tersebut dapat dipakai untuk membuat boneka, dan kerajinan lainnya.
Demikianlah ulasan tentang nilai guna atau utility suatu barang dan jasa menurut ilmu ekonomi. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberi pencerahan kepada anda tentang macam-macam nilai guna atau utility suatu barang dan jasa secara tepat.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.