Memahami Hukum Gossen 2 dengan tepat secara sederhana

Sebgaimana disebutkan dalam artikel analisis hukum Gossen 1, bahwa Hukum Gossen 2 merupakan penyempurnaan dari hukum Gossen pertama. Mengapa dikatakan sebagai penyempurna? Dan apa yang disempurnakan? Melalui artikel pendek inilah akan dibahas dengan sederhana dan tuntas terkait hukum gossen yang kedua, silahkan pahami penjelasan berikut ini.

Hukum gossen II disesbut-sebut sebagai penyempurna hukum gossen yang pertama, hal ini karena dalam hukum gossen yang pertama diterangkan bahwa setiap manusia akan selalu berusaha untuk memenuhi 1 jenis kebutuhannya yang dilakukan dengan terus-menerus, namun pada padasarnya setiap manusia memiliki bermacam-macam kebutuhan tidak hanya satu saja sehingga manusia akan selalu berusahan untuk memenuhi semua kebutuhannya yang berupa barang dan jasa, jadi bukan hanya 1 jenis kebutuhan saja yang akan dipenuhi manusia. Sebagai Contoh Ketika anda sedang merasa lapar dan haus maka tentunya anda memiliki dua macam kebutuhan, yaitu kebutuhan akan makanan dan kebutuhan terhadap minuman. Dengan demikian anda memiliki lebih dari satu kebutuhan. Untuk jelasnya silahkan anda pahami bunyi hukum gossen berikut ini.

Hukum Gossen 2 : manusia akan memenuhi semua kebutuhannya

Bunyi Hukum Gossen 2 menurut Hermann Heinrich Gossen

Hukum Gossen 2 yang dikenal dengan istilah hukum Guna Horizontal, berbunyi  “manusia akan selalu berusaha untuk memenuhi beraneka macam kebutuhannya sedapat-dapatnya hingga sampai pada tingkat intensitas yang sama”.




Hukum gossen yang kedua dikenal dengan hukum Guna Horizontal, hal ini karena hukum gossen II menerangkan pemuasan terhadap berbagai macam  barang dan jasa. Maksud hukum gossen yang kedua adalah ; pada dasarnya setiap manusia memiliki bermacam-macam kebutuhan dalam hidupnya sehingga setiap manusia akan selalu berusaha untuk memenuhi setiap barang atau jasa yang menjadi kebutuhannya hingga mencapai suatu intensitas yang seimbang atau sama. Pengertian dari Intensitas yang sama adalah jika seseorang telah memenuhi satu kebutuhan tertentu maka orang tersebut akan melakukan pemenuhan kebutuhan hidup lainnya (kebutuhan kedua, ketiga dst) hingga seluruh kebutuhannya terpenuhi dengan tingkatan kepuasan yang sama atau seimbang. Jika anda ingin memahami hukum gossen lebih baik terkait perhitungan dan penggambaran kurvanya, silahkan anda baca artikel penerapan Teori hukum Gossen dalam dunia nyata. Demikianlah penjelasan tentang Hukum Gossen 2 yang dapat disampaikan pada artikel blog ekonomi-kelasx.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.