Analisis Hukum Gossen 1 Menurut Hermann Heinrich Gossen

Hukum Gossen merupakan salah satu hukum yang menerangkan tentang perilaku manusia dalam berkonsumsi (teori perilaku konsumen), pada dasarnya manusia jika selalu mengkonsumsi terhadap barang atau jasa tertentu secara terus menerus pasti akan mengalami rasa bosan, misalnya saja jika anda dihidangkan nasi goreng setiap anda makan baik pagi, siang atau malam dari hari ke hari, pasti anda akan merasa bosan bukan, meskipun nasi goren adalah kesukaan anda namun jika anda hanya makan nasi goreng saja sudah dapat dipastikan kepuasan anda dalam mengkonsumsi nasi goreng pasti akan berkurang hingga mungkin anda merasa bosan.

Sebelum dibahas tentang hukum gossen 1, maka kita mengingat sebentar tentang kegiatan konsumsi. Kita ketahui bahwa setiap manusia pasti melakukan kegiatan konsumsi baik itu konsumsi terhadap barang maupun konsumsi terhadap jasa. Manusia melakukan kegitan konsumsi dengan tujuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya, selain itu dengan melakukan konsumsi manusia juga dapat merasa sebuah kepuasan. Misalnya saja ketika anda selesai melakukan lari pagi, dengan lari pagi maka kemungkinan anda akan merasa haus dan lelah, saat anda merasa haus pasti anda membutuhkan air untuk dikonsumsi, sekarang bayangkan kondisi anda sedang sangat haus kemudian anda meneguk segelas air segar, bagaimana rasanya? Tentu anda akan merasa puas, benar kan? Sekarang saya bertanya lagi bagaimanakah jika anda diberi kesempatan untuk meneguk 10 gelas air segar bahkan lebih? Tentu rasa kepuasan yang anda nikmati akan semakin berkurang mulai dari meneguk gelas kedua apalagi setelah anda meneguk gelas ke 10. Nah, dari ilustrasi semacam ini maka Hermann Heinrich Gossen memikirkan dan melakukan berbagai analisis, hingga akhirnya ditemukannlah hukum gossen I, adapun bunyi Hukum Gossen 1 adalah sebagai berikut:

Bunyi Hukum Gossen 1 Oleh Hermann Heinrich Gossen

“Apabila Suatu Kebutuhan dipemenuhi secara terus menerus maka tingkat kenikmatannya semakin lama semakin menurun hingga menjadi nol”

Penerapan Hukum Gossen 1 dalam kehidupan manusia

Berdasarkan bunyi dari hukum gossen 1 diatas maka kita dapat mengetahui bahwa apabila seseorang melakukan kegiatan konsumsi terhadap suatu barang atau jasa tertentu yang dilakukan terus - menerus maka kepuasan yang dirasakan orang tersebut dalam mengkonsumsi barang dan jasa itu akan semakin berkurang, bahkan dapat terjadi rasa bosan untuk mengkonsumsi barang atau jasa tersebut, untuk memperdalam hukum gossen 1 silahkan baca analis perhitungan dan kurva hukum gossen 1.




Hukum Gossen yang pertama menjelaskan pemenuhan terhadap kebutuhan secara vertikal, maksud dari pemenuhan kebutuhan secara vertikal adalah pemenuhan  satu macam kebutuhan saja yang dilakukan secara terus-menerus, akibat dari sebuah kebutuhan dipenuhi secara terus-menerus adalah kenikmatan atau kepuasan dalam mengkonsumsi kebutuhan tersebut akan semakin berkurang.

Hukum Gossen I yang dikemukakan oleh Hermann Heinrich Gossen, mempunyai kekurangan. Adapun kekurangan atau kelemahan dari hukum gossen yang pertama ini ditimbulkan karena pada dasarnya dalam kehidupan manusia yang nyata, tidaklah mungkin atau mustahil jika manusia hanya memuaskan satu macam kebutuhan saja hingga dilakukan terus-menerus, tetapi manusia pada kenyataannya akan selalu berusaha memenuhi segala kebutuhannya yang beraneka ragam hingga tercapai kepuasan pada intensitas yang sama. Adanya kelamahan dari hukum gossen yang pertama maka munculah hukum gossen yang kedua dari Hermann Heinrich Gossen.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.